Pembuatan RPP
Pembuatan RPP

Gelar "karramallahu wajhah" Khusus Untuk Ali bin Abi Thalib?

IslamyPersona.blogspot.com. Sebagian dari kita telah mengetahui bahwa para Sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memiliki kedudukan yang istimewa. Ahlussunnah wal jama'ah meyakini bahwa para sahabat yang mulia dan layak mendapatkan gelar maupun doa yang baik pula dari kita semua. Terutama para sahabat dari golongan muhajirin dan anshor yang jelas dipuji oleh Allah ta'ala di dalam Al Quran.

Namun ada juga sebagian manusia yang memberikan gelar maupun doa khusus bagi sahabat tertentu. Dalam hal ini gelar karramallahu wajhah yang sebagian manusia khususkan kepada Ali bin Abi Thalib Radhiallahu’anhu. sudah tepatkah ini?

karramallahu wajhah Untuk Ali bin Abi Thalib
gelar karramallahu wajhah



Fatwa Syaikh ‘Abdul ‘Aziz Ar Rajihi

Soal:

Apakah dibenarkan mengkhususkan sebutan karramallahu wajhah kepada Ali bin Abi Thalib Radhiallahu’anhu? Apakah pengkhususan ini sama seperti sebutan Ash Shiddiq untuk Abu Bakar Radhiallahu’anhu dan Al Faruq untuk Umar Radhiallahu’anhu, juga sebutan ‘Al Imam’ untuk Imam Ahmad, juga sebutan ‘Syaikhul Islam’ untuk Ibnu Taimiyah?

Jawab:

Para sahabat, seorang pun dari mereka tidak dikhususkan dengan sebutan tertentu. Para sahabat itu semuanya karramallahu wajhah (semoga Allah memuliakan wajahnya) dan semuanya radhiallahu’anhu (semoga Allah meridhainya). Pengkhususan yang demikian adalah kebiasaan orang Syi’ah (yang berlebihan/ghuluw terhadapAli bin Abi Thalib Radhiallahu’anhu) . Mereka mengatakan: “Ali karramallahu wajhah” atau “Ali ‘alaihis salam“.

Adapun sebutan Al Faruq bagi Umar bin Khathab adalah laqb (julukan) dan kun-yah beliau adalah Abu Hafsh. Adapun Ali bin Abi Thalib laqb-nya adalah Abu Turab dan kun-yah beliau adalah Abul Hasan. Sebutan Syaikhul Islam bagi Ibnu Taimiyah merupakan sifat bagi beliau, dan ini tidak bertentangan dengan keadaan beliau dan tidak masalah.

Adapun pengkhususan yang dilakukan orang Syi’ah dengan menyebut Ali karramallahu wajhah atau Ali ‘alaihis salam ini semua tidak ada asalnya.

Sumber: http://shrajhi.com//Fatawa/ID/1439



Penerjemah: Yulian Purnama (dengan sedikit editing dari admin islamypersona.blogspot.com) Artikel Muslim.Or.Id

Demikianlah artikel kali ini mengenai  Gelar "karramallahu wajhah" Khusus untuk Ali bin Abi Thalib? Semoga Bermanfaat.

Gelar "karramallahu wajhah" Khusus Untuk Ali bin Abi Thalib? Gelar "karramallahu wajhah" Khusus Untuk Ali bin Abi Thalib? Reviewed by IP Admin on 4:02:00 AM Rating: 5

No comments:

Anda dapat berkomentar menggunakan identitas apa saja. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Sepatah kata Anda bisa jadi sangat berarti bagi Blog ini, in syaa Allah.

iklan murah