Pembuatan RPP
Pembuatan RPP

Apakah Mendengarkan Kajian Via Internet Juga Dikelilingi Malaikat?


IslamyPerssona.blogspot.com. Apakah yang mendengarkan kajian via internet juga dikelilingi malaikat?

kajian via internet



Dalam Sebuah hadits mengenai salah satu keutamaan menghadiri majelis-majelis ilmu Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam Bersabda:

هدنع نميف ُهللا مهركذو ، ُةنيكسلا مهيلع ْتلزنو ، ُةمحرلا مهْتيشغو ، ُةكئالملامهْتَّفح الإ لجو زع َهللا نوركذي ٌموق ُدعقي ال

“tidaklah suatu kaum duduk untuk mengingat Allah, kecuali para Malaikat (rahmah) mengelilinginya, rahmat Allah menyelimutinya dan turun kepada mereka ketenangan, serta Allah memuji mereka di hadapan makhluk yang berada di sisinya” (HR. Muslim, no. 2700)

Demikian Besar ganjaran bagi para penuntut ilmu yang menghadiri majelis ilmu. Namun dengan perkembangan teknologi zaman sekarang Allah ta'ala semakin banyak memberikan fasilitas kemudahan bagi kita dalam menuntut ilmu. Jarak yang jauh bukan lagi menjadi halangan, waktu yang sempit bisa kita siasati karena adanya teknologi canggih seperti internet. Timbul pertanyaan apakah yang mendengarkan kajian melalui internet mendapatkan keutamaan seperti yang disebutkan pada hadits di atas?


Pertanyaan:

Apakah mendengarkan pelajaran-pelajaran agama melalui internet termasuk mendapat keutamaan dikelilingi Malaikat?

Fatwa Syaikh Abdurrahman bin Nashir Al Barrak :

Ya insya Allah,Allah itu Karim (Maha Pemurah). Orang tersebut sedang melakukan kebaikan dan amal shalih, kami harap ia mendapatkan keutamaan demikian (dikelilingi Malaikat rahmah).

Dan sekarang ini majelis ilmu itu menjadi lebih luas sejak adanya banyak wasilah. Semisal adanya pengeras suara dan wasilah yang lain, majelis ilmu menjadi luas dan tersebar luas diantara manusia. Maka kami harapkan demikian (mendapat keutamaan majelis ilmu) insya Allah,bagi orang yang ikut mendengarkan dan ikut serta dalam majelis ilmu (melalui wasilah-wasilah, pent.).

Semoga Allah mengumpulkan saya dan anda sekalian dalam kasih sayang Allah dan rahmat-Nya.

**

Sumber: http://ar.islamway.net/fatwa/53341




Penerjemah: Yulian Purnama (Artikel Muslim.Or.Id) dengan sedikit editan pada pengantarnya oleh admin islamypersona.

Salah satu web radio ahlussunah yang Streaming Online adalah Radio Rodja. Luangkanlah waktu untuk mendengarkan kajian setiap online, karena sekecil apa pun amal kebaikan kita akan bermanfaat bagi kita di akhirat kelak. Allahu'alam.
Demikian artikel kali ini mengenai Apakah Mendengarkan Kajian Via Internet Juga Dikelilingi Malaikat? Semoga bermanfaat.

Apakah Mendengarkan Kajian Via Internet Juga Dikelilingi Malaikat? Apakah Mendengarkan Kajian Via Internet Juga Dikelilingi Malaikat? Reviewed by IP Admin on 4:00:00 AM Rating: 5

No comments:

Anda dapat berkomentar menggunakan identitas apa saja. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Sepatah kata Anda bisa jadi sangat berarti bagi Blog ini, in syaa Allah.

iklan murah