Pembuatan RPP
Pembuatan RPP

Keutamaan Ramadhan (1)


IslamyPersona™. Mungkin sebagian dari kita merasa enggan dan berat untuk melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan. Mungkin diantara penyebabnya adalah karena kita tidak tahu keutamaan bulan yang mulia ini. Nah kali ini saya coba paparkan beberapa keutamaan bulan Ramadhan berdasarkian Hadits-hadits Shahih Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.
dan mungkin ini adalah tulisan pertama dari beberapa bagian, in syaa Allah.

Keutamaan Ramadhan:

1. Ramadan adalah bulan al-Quran.
Allah berfirman (yang artinya), Bulan Ramadan, bulan di saat al-Quran diturunkan, sebagai petunjuk bagi manusia.... (QS. Al-Baqarah: 185)
2. Bulan pengampunan dosa.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, Barangsiapa yang berpuasa karena didasari iman dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lampau diampuni. (HR. Al Bukhari dan Muslim)

3. Bulan dikabulkannya Doa dan Pembebasan dari Neraka.
Dari Jabir Bin Abdillah radhiyallahu anhu, bahwa Nabi Sallallahu alaihi wa sallam bersabda, sesungguhnya dalam setiap hari di Bulan Ramadhan Allah Ta'ala membebaskan beberapa orang dari neraka, dan setiap muslim pasti memiliki suatu doa yang pasti dikabulkan. (HR. Ibnu majah, al Bazzar; perawinya terpercaya).

4. Bulan disaat setan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa suatu ketika Nabi shallallahu 'alaihi wa sallammemberikan kabar gembira kepada para sahabatnya, beliau bersabda "telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, Allah mewajibkan untuk berpuasa. Dibulan ini pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup, serta setan-setan dan jin jahat dibelenggu. Didalamnya ada satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Barangsiapa yang terhalangi mendapatkan kebaikan (pahala) malam itu, berarti dia telah terhalangi untuk untuk mendapatkan kebaikan (yang banyak). (HR. Ahmad, an-Nasa'i; dishahihkan oleh Syu'aib al-Arnauth)

5. Bagi yang memiliki kesempatan Umrah di bulan Ramadhan, hendaknya laksanakan umrah karena pahalanya sama dengan berhaji.
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda "NIlai (pahala) Umrah Ramdhan seperti Haji". (HR. Al Bukhari)

Demikian tulisan pembukaan tentang keutamaan Ramadhan. Semoga bisa menambah motivasi kita dalam beribadah didalam bulan yang mulia ini.

wallahulam.

Baca Kelanjutannya di Keutamaan Ramadhan (2)
Keutamaan Ramadhan (1) Keutamaan Ramadhan (1) Reviewed by IP Admin on 9:40:00 AM Rating: 5

No comments:

Anda dapat berkomentar menggunakan identitas apa saja. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Sepatah kata Anda bisa jadi sangat berarti bagi Blog ini, in syaa Allah.

iklan murah