Pembuatan RPP
Pembuatan RPP

Teknik Mengajarkan Islam dalam Pelajaran Umum (Bag.1)

IslamyPersona. Teknik Mengajarkan konsep Islam kepada Anak dalam Pelajaran Umum
(IPA, IPS, Matematika, dll) Agar Mengenal Alloh -azza wa jalla-

mengajar anak mengenal Allah Ta'ala
Sebagai seorang muslim sekaligus orangtua dan guru harusnya kita memahami ini. Bahwa pelajaran-pelajaran di rumah atau di sekolah, hendaknya bisa mendekatkan anak agar cinta kepada Alloh azza wa jalla. Karena dengan menanamkan kecintaan kepada-Nya, maka anak akan belajar mentauhidkan Alloh azza wa jalla, meminta pertolongan kepada-Nya, dan jauh dari kesyirikan. Pelajaran umum di sekolah itu banyak, bisa matematika, fisika, kimia, biologi, atau dalam cakupan umumnya disebut IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Dan IPS pun juga ada. Kita ambil contoh,

A. Pelajaran IPA
Di saat mengajarkan proses terjadinya Tsunami yang diawali dengan proses gempa  bumi, maka guru berkata, "Nak, ketika Alloh azza wa jalla memerintahkan gunung terjadi gempa, maka bergeraklah lempengan bumi..." Kemudian dijelaskan kepada mereka bahwa semua yang terjadi sesuai dengan kehendak Alloh dan tidak meleset sedikitpun baik tempat, waktu maupun skala musibah tersebut. Tidak lupa juga kita jelaskan bahwa itu semua bisa berarti ujian, bisa berarti azab bisa juga peringatan. Insya Alloh, pelajaran ini akan memberikan faedah bagi anak bahwa semua yang terjadi atas perintah-Nya.

Apalagi ditambahkan pelajaran bahwa kadang Alloh menguji hamba-Nya bersebab dari dosa dan maksiat. Begitu pula jika mengajarkan anak tentang proses terjadinya hujan, adanya garam, dll, hendaknya desain pembelajaran lebih mengena dalam konteks ketauhidan. Dan kita tidak lupa menyampaikan bahwa sebagian fenomena alam tersebut telah Alloh jelaskan dalam Al Quran jauh sebelum para ilmuwan modern mengemukakan hasil penelitiannya. Saat berbicara tentang alat listrik, misalkan baterai yang menyalakan lampu yang semakin lama, semakin lemah dan akhirnya mati. Dari sini guru bisa mendidik muridnya bahwa kehidupan pun demikian, suatu saat kita yang hidup pun akan lemah dan akan mati. Sebesar apapun energi yang ada dalam sebuah alat/bahan bahkan dalam seorang manusia suatu saat energi itu akan habis. Bahkan matahari yang menjadi sumber energi tata surya kita akan demikian juga adanya. Semua karena Ketetapan Alloh azza wa jalla. Insya Alloh, akan terdapat nilai positif dalam pendidikan seperti ini.

Bersambung, ke Mengajarkan Islam dalam Pelajaran Umum (Bag.2).

Demikian Artikel kali ini Teknik Mengajarkan Islam dalam Pelajaran Umum (Bag.1). Semoga bermanfaat.
Teknik Mengajarkan Islam dalam Pelajaran Umum (Bag.1) Teknik Mengajarkan Islam dalam Pelajaran Umum (Bag.1) Reviewed by IP Admin on 4:09:00 AM Rating: 5

No comments:

Anda dapat berkomentar menggunakan identitas apa saja. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Sepatah kata Anda bisa jadi sangat berarti bagi Blog ini, in syaa Allah.

iklan murah