Pembuatan RPP
Pembuatan RPP

Tanda-Tanda Hati Terjangkiti Riya'

IslamyPersona.blogspot.com. Tanda-tanda hati terserang riya'. Syarat paling utama suatu amalan diterima di sisi Allah adalah ikhlas. Tanpanya, amalan seseorang akan sia-sia belaka. Syaitan tidak henti-hentinya memalingkan manusia, menjauhkan mereka dari keikhlasan. Salah satunya adala melalui pintu riya’ yang banyak tidak disadari setiap hamba.

Jaga hati dari riya'
Jaga hati dari riya'
 Yang dimaksud riya’ adalah melakukan suatu amalan agar orang lain bisa melihatnya kemudian memuji dirinya. Termasuk ke dalam riya’ yaitu sum’ah, yakni melakukan suatu amalan agar orang lain mendengar apa yang kita lakukan, sehinga pujian dan ketenaran pun datang tenar. Riya’ dan semua turunannya (berbagai macam variasi jenisnya) merupakan perbuatan dosa dan merupakan sifat orang-orang munafik.

Riya’ ada dua jenis. Jenis yang pertama hukumnya syirik akbar (besar). Hal ini terjadi jika sesorang melakukan seluruh amalnya agar dilihat manusia, dan tidak sedikit pun mengharap wajah Allah. Dia bermaksud bisa bebas hidup bersama kaum muslimin, menjaga darah dan hartanya. Inilah riya’ yang dimiliki oleh orang-orang munafik. Allah berfirman tentang keadaan mereka (yang artinya), “Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka . Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali” (QS. An Nisaa’:142).

Adapun yang kedua adalah riya’ yang terkadang menimpa orang yang beriman. Sikap riya’ ini terjadang muncul dalam sebagian amal. Seseorang beramal karena Allah dan juga diniatkan untuk selain Allah. Riya’ jenis seperti ini merupakan perbuatan syirik asghar (’aanatul Mustafiid bi Syarhi Kitaabi at Tauhiid II/84. Syaikh Shalih Fauzan. Penerbit Markaz Fajr)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “ Maukah kamu kuberitahu tentang sesuatau yang menurutku lebih aku khawatirkan terhadap kalian daripada (fitnah) Al masih Ad Dajjal? Para sahabat berkata, “Tentu saja”. Beliau bersabda, “Syirik khafi (yang tersembunyi), yaitu ketika sesorang berdiri mengerjakan shalat, dia perbagus shalatnya karena mengetahui ada orang lain yang memperhatikannya “[H.R Ahmad dalam musnadnya. Dihasankan oleh Syaikh Albani Shahiihul Jami’ (2604)]


Maukah anda tahu Tanda Riya' Dalam Beramal?

Tanda-tanda Riya' Dalam Beramal

Ali bin Abi Thalib radhiyallahu’anhu mengatakan,

Ada tiga buah tanda orang yang suka riya’ (beramal tidak ikhlas)

1. apabila sendirian maka dia menjadi pemalas,

2. dan hanya bersemangat apabila berada bersama orang-orang,

3. dia akan meningkatkan amalnya jika dipuji dan akan mengurangi amalnya jika dicela orang karena melakukannya.”

(Al-Kabaa’ir, hal. 156).

Admin salin sebagian dari Muslim.or.id dengan sedikit pengeditan istilah. Semoga bermanfaat.

Doa Rasulullah
Doaagar terhindar dari riya'

Tanda-Tanda Hati Terjangkiti Riya' Tanda-Tanda Hati Terjangkiti Riya' Reviewed by IP Admin on 8:47:00 AM Rating: 5

No comments:

Anda dapat berkomentar menggunakan identitas apa saja. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Sepatah kata Anda bisa jadi sangat berarti bagi Blog ini, in syaa Allah.

iklan murah