Jika Meninggal Sebelum Melunasi Iuran Kurban

masalah dana kurban
ilustrasi dana kurban

Assalamualaikum
Saya punya teman rencana mau berqurban dengan cara menabung dan dikelola kawannya. Dia baru setor 450ribu kemudian teman saya tersebut meninggal.  Bagaimana thd uang yg sdh disetorkan tsb? Mau dibelikan hewan qurban kambing maupun 1/7 sapi tidak mencukupi
Jawaban pertanyaan :

Oleh Ustad KHALIL ABU KHAWLA

Waalikumsalam warahmatullah wabarakatuh

Bismillah.

Dalam kasus tersebut ada beberapa langkah kebaikan yang bisa ditempuh
Diantaranya;

1. Hendaknya Uang tersebut dikembalikan kepada ahli warisnya dikarenakan tidak mencukupi untuk dikurbankan.

2. Memberitahukan kembali kepada kerabat dan ahli warisnya tentang niatan orang tersebut untuk berkurban, bisa jadi dari keluarga ada yang ingin meneruskan biaya kurban tersebut.

3. Ketika Kurban tersebut dilanjutkan melalui ahli warisnya maka cukup bagi ahli waris tersebut meniatkan kurbannya untuk dirinya dan keluarganya yang hidup maupun yang telah meninggal dunia.sehingga orang yang meninggal tersebut telah mendapatkan pahala kurban sebagaiamana Rasulullah alaihi shalawatu wassalam meniatkan kurban untuk dirinya dan keluarganya.
اللَّهُمَّ هَذَا عَنْ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ
Ya Allah, terimalah ini dari Muhammad dan keluarga Muhammad. [al-Hâkim, al-Baihaqi]

4. Sekalipun biaya tersebut tidak jadi dikurbankan, insyaAllah dengan kejujuran niat , orang tersebut telah tercatat menyembelih kurban berdasarkan keumuman hadits nabi yang menjelaskan tentang pahala jihad sempurna bagi orang yang terhalang berjihad karena udzur dalam keadaan sudah berazzam untuk berjihad.

Allahu A'alam bishowaab
Jika Meninggal Sebelum Melunasi Iuran Kurban Jika Meninggal Sebelum Melunasi Iuran Kurban Reviewed by IP Admin on 10:58:00 AM Rating: 5

No comments:

Anda dapat berkomentar menggunakan identitas apa saja. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Sepatah kata Anda bisa jadi sangat berarti bagi Blog ini, in syaa Allah.